Friday, March 3, 2017

on Leave a Comment

Sanad dan matan hadis penaklukan persia dan romawi

Rahmat ke Sinar Agama
23 Januari
Salam ustadz, izin bertanya :
apa pendapat ustadz tentang hadis ini
[Telah menceritakan kepada kami [Qutaibah bin Sa'id] telah menceritakan kepada kami [Jarir] dari [Abdulmalik bin Umair] dari [Jabir bin Samurah] dari [Nafi' bin Utbah] berkata: Kami bersama Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam dalam suatu peperangan. Ia berkata: Suatu kaum mendatangi nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam dari maghrib, mereka mengenakan baju wool, mereka menemui beliau didekat suatu bukit. Mereka berdiri sementara Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam duduk. Ia (Nafi') berkata: Hatiku berkata: Datangilah mereka dan berdirilah diantara mereka dan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam agar mereka tidak menyerang beliau lalu aku berkata: Mungkin beliau berbicara lirih dengan mereka. Aku mendatangi mereka lalu aku berdiri diantara mereka dan beliau. Aku menghafal empat kalimat dari beliau, aku menghitungnya dengan tanganku. Beliau bersabda: "Kalian akan memerangi jazirah arab lalu Allah menaklukkannya, setelah itu Persia lalu Allah menaklukkannya, kemudian kalian memerangi Romawi lalu Allah menaklukkannya, selanjutnya kalian memerangi Dajjal lalu Allah menaklukkannya." Kemudian Nafi' berkata: Hai Jabir, kami tidak berpendapat Dajjal muncul hingga Romawi ditaklukkan (HR muslim 5161)
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Afwan, apa yang antum ingin ketahui dari hadits di atas? Yakni dari sisi apanya yang ingin diketahui.

Rahmat maaf ustadz,dari sisi sanad dan matannya ustadz

Sinar Agama Rahmat, kalau dari sisi sanad biasanya memiliki masalah. Karena itu supaya tidak repot dengan kemungkinan-kemungknan masalah itu, maka kita hanya memakai riwayat dari jalur rijal pengikut Ahlulbait as demi kelebihhati-hatiannya. Untuk matan, sisi apanya yang mau diketahui?

Rahmat Kalau dari sisi sanadnya sudah masalah berarti dari sisi matannya sudah tidak penting lagi, begitu ya ustadz...

Sinar Agama Rahmat, tidak begitu. Sebab kalau matannya tidak bertentangan dengan Qur an dan hadits yang shahih, dan apalagi berhubungan dan ada kesamaan dengan Qur an dan/atau hadits shahih, maka bisa diperhatikan, tapi sebagai pelengkap saja.

Rahmat Terima kasih ustadz, yg ingin saya tanyakanakan dari sisi sanadnya adalah :
1."Kalian" yg dimaksud di hadits ini ,apakah imam Mahdi as?
2. Apa mungkin imam Mahdi memerangi persia (iran)

Rahmat Dari sisi matan maksud saya..

Sinar Agama Rahmat, : Kalaulah hadits itu benar adanya dari sisi sanad hingga benar-benar disabdakan kanjeng Nabi saww saww, maka jawaban pertanyaan antum adalah:

1- Kalian maksudnya muslimin atau umat Islam. Tentu saja yang dipimpin Imam Mahdi as.

2- Itu maksudnya di awal-awal masuknya Islam ke Jazirah Arab, Persia dan Romawi.

Sedang Dajjal akan turun atau sudah dalam keadaan turun pada masa sekarang ini. Sebab sebagaimana maklum kalau tafsiran Ulama tentang Dajjal adalah kondisi dunia yang penuh dengan kezhaliman dan pembantaian atas nama surga dan menakuti lawan-lawannya dengan neraka, maka saya yakin sejak adanya Wahabi yang membantai umat Sunni di Jazirah Arab sebelum dirubah menjadi kerajaan Aalu Sa'uud, terlebih sekarang yang sudah mendunia sebagaimana sudah lama menunjukkan giginya di Afghanistan, Suriah, Iraq dan beberapa negara lainnya, maka sudah lama (setidaknya sekarang-sekarang ini) Dajjal sudah muncul di dunia. Lengkapnya sebagaimana saya sudah sering menjelaskan bahwa Dajjal adalah segitiga kuasa dunia yang berhubungan erat lebih dari saudara yaitu Barat, Israel dan Wahabi. Mereka bersatu dalam segalah hal, ekonomi, angkatan bersenjata, dana perang dan angkatan bersenjata.

Semog Imam Mahdi as akan segera zhuhur dengan ijin Allah swt, hingga nabi Isa as juga turun menemani beliau as dalam menyatukan dan memenangkan umat Islam dan agama Islam di dunia ini, amin.

Rahmat Amin, terima kasih



Sumber : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1154007768046012

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.