Sunday, March 6, 2016

on Leave a Comment

Pengertian ahlak, Apakah sama antara Akhlak dan Adab, ataukah Akhlak itu Adab?

Link : https://www.facebook.com/sang.pecinta.90/posts/948132291903344


Salam maaf,
Apakah sama antara Akhlak dan Adab, ataukah Akhlak itu Adab?
Trims ust Sinar Agama
Komentar

Al Imran like emotikon

Apit Sanjaya Ijin ... nyimak

Sinar Agama Salam dan terikamasih pertanyaannya:

1- Akhlaq adalah karakter seseorang atau manusia. Akhlaq adalah pembahasan ilmu tentang manusia dan sifat-sifat serta karakter-karakternya. Termasuk mempelajari apa esensi manusia itu, apa yang merupakan dzat dan sifatnya. Dari mana dia dan hendak kemana. Apa yang bisa terjadi pada ruh/jiwanya. Apa yang baik dan buruk baginya. Bagaimana membentengi ruhnya dari keburukan atau mengobatinya dari keburukan. Dan semacamnya. Jadi, akhlaq itu adalah suatu ilmu pengetahuan.

Pernah ayatullah Jawadi Omuli hf mengatakan:

"Akhlaq itu ilmu, bukan nasihat kepada kebaikan."

Akhlaq itu dari khuluq (perangai) dan khuluq ini dari khalaqa yaitu mencipta atau mengadakan atau mewujudkan. Jadi, akhlaq adalah pemenjadian manusia sebagai tajalli dari al-Khaaliq. Bahasan akhlaq ini teramat mendalam dan terinci, hingga kalau dapat dikaji dengan baik dan diamalkan, maka manusia akan berakhlaq dengan akhlaq Tuhannya. Artinya menjagi tajalliNya (Tuhan) dalam segala wujud dan keadaannya (manusia).

Saya dulu pernah membaca di facebook ini suatu pengumuman tentang pelajaran akhlaq yang diberikan oleh seorang HujjatulIslam pribumi yang berjudul Konstrukturalisali Akhlaq. Saya sempat melihat beberapa seri Videonya yang pembagiannya diprakarsai oleh Itrah Institut Palu. Apa yang diberikan beliau hf sudah merupakan hal yang benar. Yakni membahas akhlaq secara sangat profesional. Dengan kata yang lebih jelas, beliau hf membahasnya dengan apa yang semestinya dan berusaha mengajak kita keluar dari pemahaman yang salah dan salah kaprah selama ini. Karena bangsa kita selama ini mengira bahwa pelajara akhlaq itu adalah pelajaran yang berisikan nasihat-nasihat mulia. Ini jelas tidak benar. Nasihat-nasihat mulia itu namanya Mau'izhah sedang Akhlaq adalah kajian tentang manusia secara lengkap dan menyeluruh dari sisi esensinya, jati dirinya, dan seluk beluk dirinya. Semoga saja para penyampai kebenaran di mana saja di dunia ini, diterima oleh Allah swt, amin.

2- Adab adalah bisa dikatakan suatu ilmu yang berisikan pemberian teori kehidupan dan cara hidup, baik pribadi, keluarga dan sosial-politiknya.

Menurut saya, adab bisa menjadi bagian dari tampakan luarnya pelajaran akhlaq. Mirip seperti Mau'izhah (pemberian nasihat).

Saya belum betul-betul merenungi tentang adab ini. Sepintas seperti yang sudah saya tulis di atas ini. Semoga tidak jauh dari kebenaran, amin.


Khommar Rudin
اللَّهُمَّے صَلِّے عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِے مُحَمَّدٍ
وعَجِّلْے فَرَجَهُمْے
Lihat Terjemahan





NB : Silahkan ikuti Link Pelajaran Akhlak : Strukturalisasi Ahlak



0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.