Friday, January 6, 2017

on Leave a Comment

Tidak ada istilah rukun iman dalam Syi'ah tetapi Ushuluddin atau Dasar Agama

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1116259355154187

Assalamualaikum...
Ustadz, apakah betul dalam rukun iman itu yg paling utama adalah iman kepada allah swt dan iman kepada hari akhir, dan jika kita sudah beriman kepada allah swt dan iman kepada hari akhir maka rukun iman yang selanjutnya akan tertata...
Mohon penjelasannya ustadz
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Tidak ada istilah rukun iman dalam Syi'ah. Setidaknya tidak terlalu dikenal dengan istilah tersebut. Yang biasa dipakai adalah Ushuuluddin atau Dasar Agama, dengan pengertian: Yang belum mengerti dan mengimaninya, tidak akan mengamalkan agama (fiqih) dan kalaupun mengamalkannya maka tidak semantap yang semestinya.

2- Poin-poin yang ada pada Ushuuluddin di Syi'ah atau Rukun Iman di Sunni, adalah hal-hal yang memang dasar dan rukun. Setidaknya menurut masing-masing pengikutnya. Memang, dasar yang paling penting dalam Ushuuluddin adalah tiga hal, keTuhanan, kenabian dan hari akhir. Akan tetapi bukan berarti yang lainnya tidak penting dan bukan Ushuuluddin.

3- Poin Ushuuluddin ada 5: Tuhan, AdilNya, kenabian, imamah dan hari akhir.

4- Tentang iman-iman yang lain yang tidak terhitung Dasar Agama (yang belum memahami dan mengimani tidak akan mengamalkan agama/fiqih) banyak sekali seperti iman pada malaikat, kitab-kitab Allah, jin surga-neraka, bidadari, sihir, hisab, jembatan, jalan lurus, dan banyak sekali hal-hal lainnya. Tapi semua terhitung Furuu' atau cabang dari dasar, karena merupakan konsekuensi lanjutan dari dasar-dasar agama di atas.

Bung Burhan Terima kasih jawabannya ustadz






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.