Monday, December 26, 2016

on Leave a Comment

Manakah yang lebih berbahaya setan dari golongan jin atau setan dari golongan manusia?

Link : https://www.facebook.com/andika.yudhistira.505/posts/1328833923846597

Salam ustad,
Manakah yang lebih berbahaya setan dari golongan jin atau setan dari golongan manusia?
Trims ustad Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Syaithan yang paling berbahaya itu adalah yang berupa diri sendiri. Setelah itu syaithan yang lain, baik yang jin atau manusia. Semua memiliki ciri tersendiri dari sisi kekuatan dan kelemahannya. Kekuatan syaithan jin adalah bisikannya tidak terasa bisikan melainkan suara diri sendiri. Tapi kalau syaithan manusia, bisa terus mengadakan pendekatan dan atas nama persahabatan dan sangat menarik perhatian karena dapat dilihat dan dirasakannya secara fisikal/nyata alias berupa materi. Tapi kelemahan syaithan manusia ini adalah bisikannya dapat dirasakan sebagai bisikan, bukan suara hati sendiri.

Andika Setan diri sendiri itu apa maksudnya cinta diri, cinta dunia dan cinta selain Alllah ustad... Apa ciri2nya setan diri sendiri dan bagaimana kelebihan dan kelemahannya..

Sinar Agama Andika, apa saja yang mengacu kepada diri sendiri, baik itu perbuatan maksiat atau bahkan yang baik sekalipun. Karena itulah Nabi saww mengatakan bahwa "Paling besarnya musuhmu adalah dirimu sendiri."

Kalau orang tidak melihat dirinya sebagai suatu yang penting dan harus diikuti, maka tidak mungkin dia bermaksiat kepada Allah swt dan tidak mungkin juga dalam pengabdian dan taatnya kepadaNya juga mengejar kelezatan untuk dirinya seperti surga. Apalagi karamah dan semacamnya di dunia ini.

Kalau orang tidak melihat dirinya sebagai suatu yangpenting dan harus diikuti, maka tidak mungkin dia malas belajar agamanya, berlajar fiqih dan terus memperdalam akidahnya, tidak mungkin juga dia tidak mengamalkannya, tidak mungkin juga dalam pengamalannya mengejar kebaikan dan maslahat untuk dirinya dan seterusnya sampai ke maqam-maqam yang sangat tinggi sekalipun selain kefana'-an.

Andika Baik ustad.. Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad..

Akmal Askari salam ust. nyimak
Allahumma Shalli ala Muhammad wa Aali Muhammad wa ajjil farajahum





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.