Thursday, November 24, 2016

on Leave a Comment

Bagaimana cara menentukan malam 10 Muharram, apakah bisa melihat kalender? Amalan apa yang dianjurkan?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/1048197375293719


Salam ustad,
Pada tahun ini,hari asyura jatuh pada hari apa menurut ilmu ustad,karena klau dilihat dikalender umum.jatuhnya hari ini ?
Adakah amalan" yg dianjurkan dihari tasu'a dan asyura ?
Dan bagaimana caranya agar kisah tragedi karbala,memberikan dampak positif bagi kita .
Trimksih,wassalam
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Afwan sekali kaerna terlompati disebabkan beberapa hal. Tadinya ingin cek bulan di Indonesia, tapi sudah tidak sempat dan ternyata sudah malam 'Asyura.

1- Ana pikir karena hal ini tidak bahaya yang bisa menyebabkan qadhaa' seperti qadhaa' shalat dan/atau puasa dan semacamnya, maka bisa mempertimbangkan yang umum diambil oleh para ikhwan dan akhwat Ahlulbait as. Atau kalau bulannya dinyatakan di bawah lima derajat maka boleh diabaikan dan melengkapi bulan sebelumnya sebanyak 30 hari.

2- Acara yang umum dilakukan yang paling utama adalah berusaha merasakan duka, sakit dan penderitaan Karbala yang di jalan Allah dan dizhalimi seperti itu. Begitu pula sakit dan sedih serta berduka karena yang dizhalimi separah itu adalah cucunda Nabi saww sendiri dan yang dinyatakan makshum oleh Allah sendiri (QS: 33:33).

3- Jadi derita lahiriahnya adalah dizhaliminya separah itu, dan derita batinnya adalah Islam Hakiki dan Makshum yang dizhalimi dan dirajang-rajang seperti itu.

4- Amal-amal lainnya adalah mengenang sejarahnya, misalnya membaca sejarah Karbala dan/atau hadir di majlis duka kalau memungkinkan.

5- Dianjurkan tidak makan dan minum seperti layaknya orang berpuasa sampai sore hari. Dan ketika sudah sore dianjurkan makan sangat sedikit tanah Karbala dan makanan yang sederhana.

6- Pada pagi hari sebelum Zhuhur disunnahkan membaca ziarah 'Asyura. Setelah itu ditutup dengan doa. Tolong doakan saya juga hingga sudi menjadikan kita semua selalu berada di jalanNya dan berjuang di jalanNya serta diterimaNya, amin dan terimakasih.

Hilman Ali Kumayl Amin ya ustad,syukron

Hilman Ali Kumayl Assalamualaika ya aba abdillah ,
Allohuma sholi ala muhamadin wa aali muhamad wa ajjil farajahum

Sinar Agama .

Perhatian:

Pada jawaban terdahulu terdapat kesalahan, yaitu pada poin 6 dan sudah dikoreksi. Tolong yang sudah membaca jawaban di atas, baca lagi supaya tidak terjadi kesalahan amal sunnah. Afwan dan terimakasih atas perhatiannya.

Sinar Agama Hilman Ali Asgar dan اهلولبايت مازلوم dan yang lainnya, tolong perhatikan dan baca lagi, afwan dan terimakasih.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.