Sunday, November 13, 2016

on Leave a Comment

Puasa Sunnah, Puasa Nabi Daud as dan Puasa Nabi Muhammad saww

Link : https://web.facebook.com/shadra.hasan/posts/1106978412685397


Salam.
Apakah fadhilah dari puasa daud?
TRims ust Sinar Agama
Suka
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Saya sudah mencari di beberapa puluh kitab tapi belum ketemu selain bahwa Nabi saww pernah bersabda bahwa Puasa Daud as itu adalah paling afdhalnya puasa. Seperti hadits berikut ini:

[ 8792 ] 3 - ابن أبي جمهور في درر اللآلي: عن النبي (صلى الله عليه وآله)، أنه قال: " أفضل الصيام صوم داود (عليه السلام)، كان يصوم يوما ويفطر يوما ".

Nabi saww bersabda: "Paling afdhalnya puasa adalah Puasa Daud as. Dia puasa sehari dan tidak puasa sehari." (Mustadraku al-Wasaail, hadits ke: 8792)

[ 8793 ] 4 - وعنه (صلى الله عليه وآله): " إن أحب الصيام إلى الله، صيام داود (عليه السلام) " الخبر.

Nabi saww bersabda: "Puasa yang paling dicintai Allah adalah Puasa Daud as." (Mustadraku al-Wasaail, hadits ke: 8793).

Catatan hadits: Jangan pernah berdalil seperti Wahabi yang dengan satu hadits dengan tanpa memperbandingkannya dengan ayat-ayat Qur an dan hadits-hadits lainnya serta dengan tidak menggunakan ilmu alat ijtihad seperti Ushulfiqih, sudah mengeluarkan fatwa ini dan itu, atau berpendapat ini dan itu. Karena itu, penukilan hadits dan terjemahannya di atas itu, hanya sebagai wawasan yang terlalu amat umum dan bukan untuk memahamkan yang sebenarnya.

2- Sedangkan Nabi saww sendiri pernah puasa tiap hari terus menerus, lalu hal itu ditinggalkan dan menggantinya dengan Puasa Daud as lalu hal itu ditinggalkan dan menggantinya dengan puasa 3 hari dalam sebulan. Puasa model terakhir itu yang dikerjakan beliau saww sampai wafat. Dan fadhilah puasa tiga hari dalam sebulan itu, sama dengan puasa tiap hari. Mungkin hal ini dikhususkan untuk beliau saww dan umat beliau saww atau memang untuk semua umat manusia karena satu amal baik diganjar sepuluh kali lipat.

Sedang riwayat yang mengatakan hal di atas adalah sebagai berikut:

2-6355 علي بن إبراهيم، عن أبيه، عن ابن أبي عمير، عن أبي أيوب، عن محمد بن مسلم، عن أبي عبدالله (ع) قال، كان رسول الله صلى الله عليه وآله أول ما بعث يصوم حتى يقال: ما يفطر، ويفطر حتى يقال: ما يصوم، ثم ترك ذلك وصام يوما وأفطر يوما وهو صوم داود (ع) ثم ترك ذلك وصام الثلاثة الايام الغر(1)، ثم ترك ذلك وفرقها في كل عشرة أيام يوما خميسين بينهما أربعاء فقبض عليه وآله السلام وهو يعمل ذلك.

Imam Ja'far as berkata: "Nabi saww ketika awal diangkat menjadi nabi/rasul, beliau melakukan puasa hingga dikatakan: 'Beliau tidak makan'. Lalu beliau saww makan (baca: tidak puasa) hingga dikatakan: 'Beliau saww tidak puasa'. Lalu hal itu ditinggalkan dan menggantikannya dengan puasa sehari dan makan (tidak puasa) sehari, yaitu Puasa Daud as. Lalu beliau saww meninggalkannya dan menggantikannya dengan puasa tiga hari berkesinambungan (dalam sebulan). Kemudia beliau saww meninggalkannya dan memisahkannya dalam setiap sepuluh hari, yaitu pada hari Kamis awal dan akhir bulan, lalu hari Rabo di sepuluh ke dua. Sampai beliau saww wafat, beliau saww melakukan hal tersebut." (Al-Kaafii, hadits ke: 6355.)

3- Tambahan. Ada beberapa penamaan pada puasa sunnah seperti tergambar dalam hadits berikut ini:

((13793)) 3 ـ قال: ومن كتاب الصيام عن ابن فضال، عن محمد بن عبيد، عن جبارة، عن فرج بن فضالة، عن أبي وهب، عن أبي صدقة الدمشقي، عن ابن عباس قال: أتاه رجل يسأله عن الصيام؟ فقال: إن كنت تريد صوم داود فإنه كان من أعبد الناس ـ إلى أن قال: ـ وقال رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم): إن أفضل الصيام صيام أخي داود (عليه السلام) وكان يصوم يوما ويفطر يوما، وإن كنت تريد صيام سليمان (عليه السلام) فإنه كان يصوم من أول الشهر ثلاثة ومن وسط الشهر ثلاثة، ومن آخره ثلاثة، وإن كنت تريد صوم عيسى (عليه السلام) فإنه كان يصوم الدهر كله لا يفطر منه شيئا، وإن كنت تريد صوم مريم (عليها السلام) فانها كانت تصوم يومين وتفطر يوما، وإن كنت تريد صوم خير البشر العربي القرشي أبي القاسم (صلى الله عليه وآله وسلم) فإنه كان يصوم ثلاثة أيام من كل شهر، ويقول: هي صيام الدهر.

Ibnu Abbas ditanya tentang puasa oleh seseorang, dan dia menjawab: "Kalau kamu ingin Puasa Daud, maka dia adalah paling beribadahnya manusia -sampai pada hadits Nabi saww yang bersabda-: 'Paling afdhalnya puasa adalah puasanya saudaraku Daud as, dia berpuasa sehari dan tidak puasa sehari. Kalau kamu ingin puasanya nabi Sulaiman as maka dia berpuasa tiga hari di sepuluh awal, tiga hari di sepuluh ke dua dan tiga hari di sepuluh ke tiga. Kalau kamu ingin puasa nabi Isa as, maka dia berpuasa terus menerus (tiap hari, selamanya). Kalau kamu ingin puasa hdh Maryam as, maka dia berpuasa dua hari dan tidak puasa dua hari. Kalau kamu ingin puasa paling afdhalnya manusia dan bangsa Arab serta Qurasy yaitu Abu al-Qaasim saww maka beliau saww berpuasa tiga hari dalam sebulan. Puasa ini sama dengan puasa terus menerus."
Lihat Terjemahan

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.