Tuesday, November 29, 2016

on Leave a Comment

Apakah ada di ayat-ayat Al qur'an dan di riwayat-riwayat AB yang menyatakan bahwa seorang wanita akan lebih jika mempunyai banyak anak? Benarkah ungkapan tsb?

Link : https://web.facebook.com/shadra.hasan/posts/1136889766360928

Salam
Apakah ada di ayat-ayat Al qur'an dan di riwayat-riwayat AB yang menyatakan bahwa seorang wanita akan lebih jika mempunyai banyak anak? Benarkah ungkapan tsb?
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Abdillah Alcaff Lebih apa nih? Heheee

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Memang ada hadits-hadits yang melebihkan memilih wanita disebabkan bisa melahirkan banyak anak.

2- Tapi pelebihan itu tidak ada hubungannya dengan ketaqwaan. Anggap saja lah seperti anjuran memilih wanita kaya kalau dia telah lulus kriteria pertamanya yakni ketaqwaan. Kan secara umum ada tiga kriteria, dari keluarga baik, kaya dan taqwa. Sementara yang ditonjolkan dan dianjurkan sekali adalah yang karena ketaqwaaannya. Nah, anggap saja bisa melahirkan banyak anak ini, sejajar dengan kekayaan. Sebab fadhilah keduniaan yang halal, bukan fadhilah ketaqwaaan.

3- Sudah tentu pelebihan bisa melahirkan banyak anak itu, dalam kondisi tertentu. Misalnya, memang dari awal ingin punya banyak anak disebabkan mampu mengurus dan membiayainya. Tapi kalau dari awal hanya ingin memliki dua anak misalnya, maka pelebihan itu sudah tidak berfungsi lagi.

4- Pelebihan bisa melahirkan anak banyak itu karena memang kita dianjurkan banyak anak karena Allah swt. Sebab dengan banyaknya anak, maka kaum muslimin bisa bertambah semakin pesat. Dan kalau kaum muslimin semakin berkembang pesat, maka kekuatannya tidak akan melebih, seperti kekutan di bidang ekonomi, militer (hingga tidak mudah diserang lawan kafir dari luar), budaya dan semacamnya.

5- Pelebihan bisa melahirkan anak banyak itu, pada masa sekarang ini, hanya berlaku secara penuh di negara Iran yang berasas negara Islam. Tapi kalau di negara seperti Indonesia, maka tidak berfungsi secara penuh, karena yang berfungsi langsung hanya seperti berkembangnya ekonomi dan budaya, bukan kekuatan negara dan kemiliterannya. Sebab pembelaan negara di Indonesia bisa diartikan membela agama juga, akan tetapi tidak langsung. Yakni agama sebatas penganutnya, agama lahiriahnya dan semacamnya akan tetapi bukan hukum negaranya. Jadi, efek baik dari banyak melahirkan itu pada masa sekarang ini, secara penuhnya, hanya berlaku di Iran.

6- Melahirkan banyak anak ini, termasuk jihad kalau diniatkan karena Allah. Jihad penuhnya kalau di Iran sebab untuk mempertahankan negara Islam dan ranting-rantingnya seperti ekonomi, budaya dan semacamnya. Sementara di negara lain seperti di negara kita, sekalipun bisa terhitung jihad juga, tapi tidak di posisi penuh dan tidak di tingkatan tingginya. Tapi saya yakin sekali jelas terhitung jihad kalau diniatkan karena Allah dan hal-hal di atas itu. Allahu A'lam.

Najibah Shalihah terimakasih ustadz







0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.