Thursday, October 6, 2016

on Leave a Comment

Mohon penjelasan singkat mengenai akidah Muktazilah, Asyairah dan Maturidiyah. Apa beda akidahnya. Sipakah Manhaj Salaf atau Wahabi?

Link : https://www.facebook.com/andika.yudhistira.505/posts/1237301699666487

Salam Ustad,
Mohon penjelasan singkat mengenai akidah Muktazilah, Asyairah dan Maturidiyah. Apa beda akidahnya. Sipakah Manhaj Salaf atau Wahabi apakah termasuk dari salah satu dari ketiga diatas? Siapa kaum Khawarij? Aqidah mana yang paling dekat dengan Aqidah Syiah Imamiyah?
Trims Ustad Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Muktazilah adalah madzhab dalam akidah (bukan fiqih) yang digolongkan kepada Madzhab Ahlussunnah. Akidahnya yang terkenal adalah menolak kepercayaan atau keimanan pada takdir Tuhan bagi manusia.

2- Asy'ariyyah adalah madzhab dalam akidah yang digolongkan kepada Madzhab Ahlussunnah. Akitahnya yang terkenal adalah wajib beriman pada takdir atau penentuan Allah swt terhadap semua nasib manusia (rukum iman ke enam).

3- MaturiMdiyyah adalah madzhab akidah yang digolongkan pada Madzhab Ahlussunnah. Akidahnya yang terkenal secara mandiri tidak ada dan pada hakikatnya sebagai penerus Madzhab Sunni yang Asy'ari. Tapi penjelasanna lebih banyak menggunakan akal.

4- Salafi adalah pengikut para pendahulu. Tapi belakangan sering dipakai oleh Wahabi:

a- Madzhab ini bukan hanya tidak mengikuti ketiga madzhab di atas, melainkan bahkan membit'ahkan kemadzhaban dan mewajibkan semua orang mengikuti Qur an dan Sunnah Nabi saww.

b- Mereka mengira bahwa mengikuti dan taqlid pada ulama sama dengan tidak mengikuti Qur an dan Hadits. Padahal justru yang mengikuti ulama itulah yang mengikuti keduanya sebab para ulama/lah yang tahu tentang keduanya.

c- Ciri khasnya adalah mensyirikkan tawassul dan beribadah di kuburan (sekalipun beribadah kepada Allah sebagaimana dilakukan para shahabat di jaman Nabi saww sendiri seperti beribadah di pekuburan syuhadaa' Uhud dan/atau Hamzah. Begitu pula ciri mereka adalah membid'ahkan maulid Nabi saww, tahrililan dan semacamnya.

5- Khawarij adalah yang memerangi Imam Ali as dan sekaligus musuh beliau as yaitu Mu'awiyyah. Punya akidah terndiri dan tergolong bengis hingga sangat dimungkinkan bahwa benih Wahabi itu dari golongan Khawarij ini. Akidah mereka yang dikenal dan dinukilkan adalah mengafirkan pelaku dosa.

6- Akidah Sunni Mu'tazilah yang lebih dekat kepada Syi'ah di antara keempat golongan di atas.

Andika Baik ustad, Syukron penjelasannya..

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad..

Lily Silviani Allahumma shalli ala muhammad wa ali muhammad...






0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.