Friday, October 14, 2016

on Leave a Comment

Dalil-dalil tentang bolehnya TAWASUL

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/1022631997850257


Salam ustadz, semoga sehat sehat selalu, ada pertanyaan dari teman,
WAJARKAH / BOLEHKAN INI DIPAKAI SEBAGAI ALASAN HUJJAH BOLEHNYA BERTAWASSUL PADA ORANG SALEH YANG TELAH MENINGGAL / BERTAWASSUL DI KUBURAN ORANG SHALEH ?? =========================================================== “Dari Anas bin malik bahwa Umar bin Khathab ketika menghadapi kemarau panjang, mereka meminta hujan melalui Abbas bin Abdul Muthalib, lalu Umar berkata: “Ya Allah, kami telah bertawasul dengan Nabi kami Saw. dan Engkau beri kami hujan, maka kini kami bertawasul dengan Paman Nabi kami Saw., maka turunkanlah hujan.” Maka hujan pun turun.” (HR. Bukhari dalam Shahih al-Bukhari juz 1 halaman 137). Terus dari mana kata tawassul itu berawal? Adakah dalam Al Quran? , sukron
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Seingatku saya sudah sering menjelaskan tentang tawassul ini secara ayatnya. Istilah tawassul dalam Qur an, dipakai dalam dua fersi yang berbeda:

a- Yang menolak tawassul pada obyek tertentu, yaitu di QS: 17: 56-57:

قُلِ ادْعُوا الَّذِينَ زَعَمْتُمْ مِنْ دُونِهِ فَلَا يَمْلِكُونَ كَشْفَ الضُّرِّ عَنْكُمْ وَلَا تَحْوِيلًا (56) أُولَئِكَ الَّذِينَ يَدْعُونَ يَبْتَغُونَ إِلَى رَبِّهِمُ الْوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ وَيَرْجُونَ رَحْمَتَهُ وَيَخَافُونَ عَذَابَهُ إِنَّ عَذَابَ رَبِّكَ كَانَ مَحْذُورًا

"Katakanlah (Muhammad): 'Panggillah mereka yang kamu anggap (tuhan) selainNya (Allah), maka mereka tidak akan mempunyai kekuasaan untuk menghilangkan bahaya dari padamu dan tidak pula memindahkannya.' (56). Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari wasilah (tawassulan) kepada Tuhan mereka siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah untuk dijadika tawassulan) dan mengharapkan rahmat-Nya dan takut aka adzabNya, sesungguhnya adza Tuhanmu adalah suatu yag (harus) ditakuti."

Di ayat ini tawassulnya orang-orang kafir ditolak mentah-mentah oleh Allah. Sebenarnya, yang ditolak bukan tawassulnya, melainkan obyek tawassulnya, yakni orang-orang yang celaka yang dianggap oleh para penawassul kafirin itu sebagai dewa-dewa atau orang hebat dan tinggi. Sementara Tuhan yang Maha Tahu mengatakan kepada mereka para kafirin bahwa yang dijadikan tawassulan oleh kafirin itu juga mencari tawassulan agar selamat dari siksa.

Dalam larangan tawassul di ayat ini, yakni pada obyek tertetu ini, terdapat pembolehan tawassul juga. Karena Tuhan mengatakan bahwa yang dijadikan tawassulan oleh kafirin itu, juga mencari tawassulan. Ini jelas bahwa tawassul itu boleh asal benar adanya. Siapat itu? Yaitu orang-orang yang lebih dekat kepada Allah sebagaimana jelas digambarkan di ayat ini.

b- Yang memerintahkan tawassul, yaitu di QS: 5:35:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَاهِدُوا فِي سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman bertaqwalah kalian kepada Allah dan berpegang teguhlah pada wasilah-wasilah menujuNya dan berjuanglah di jalanNya agar kalian menjadi menang/berjaya."

Dalam ayat ini jelas dengan muhkam/muhkamat Tuhan memerintahkan kita untuk bertawassul dengan suatu obyek untuk mendekatiNya.

Kalau kedua ayat di atas digabung, maka dengan mudah menarik kesimpulan akan maksud Tuhan terhadap tawassul atau berperantara ini. Yaitu:

b-1- Bahwa yang dilarang Tuhan itu bukan tawassulnya, melainkan obyek tertentu dari tawassulnya. Yaitu orang kafir, pendosa dan siapa saja yang jauh dari Allah dan tergolong orang-orang yang celaka.

b-2- Tawassul itu mesti dengan orang yang lebih dekat kepada Allah sebagaimana dijelaskanNya pada ayat pertama di atas.

b-3- Tuhan tidak jauh dari siapapun, bahkan lebih dekat dari urat nadi kita atau lebih dekat dari kehidupan kita sendiri kepada kita. Tapi mengapa ada tawassul? Jawabannya adalah karena Tuhan yang dekat kepada manusia itu bisa juga murkaNya.

Apapun itu, Kuasa Tuhan pasti dekat dengan siapa saja. Nah, yang dimaksud jauh dari Allah adalah yang jauh dari rahmat dan ridhaNya serta ada dalam kedekatakan dan dekapan murkaNya. Sedang yang dimaksud dekat denganNya adalah yang dekat dengan rahmat dan ridhaNya yang disebabkan oleh ketaqwaannya.

Orang-orang Wahabi tidak dapat memahami hal yang teramat mudah ini. Karena itu mereka mensyirikkan tawassul yang jelas-jelas ada di dalam Qur an di atas. Salah satu alasannya karena Tuhan dekat pada manusia dan bahkan lebih dekat dari urat nadinya. Mereka tidak tahu bahwa dekatnya Tuhan pada pemaksiat seperti Fir'aun, adalah murkaNya, bukan ridhaNya.

b-4- Ketika Tuhan memerintahkan tawassul dengan manusia yang lebih dekat kepadaNya sebagaimana dijelaskanNya di ayat pertama di atas, maka jelas memiliki hikmah di dalamnya, seperti:

b-4-a- Sikap mengakui dan tawadhu' pada yang lebih mulia di sisiNya.

b-4-b- Mengenal siapa yang lebih mulia di sisiNya.

b-4-c- Merangsang untuk meniru yang lebih mulia itu setelah mereka mengenali mereka, mengimani mereka dan tawadhu' terhadap mereka (yang lebih mulia di sisi Allah).

b-4-d- Merangsang untuk mendatangi dan belajar kepada yang lebih mulia itu.

b-4-e- Tidak ada kelebihmuliaan di sisiNya yang pasti selain yang sudah dikatakanNya sendir dalam Qur an, seperti Nabi saww dan para nabi as, Ahlulbait yang makshum as (QS: 33:33). Sedang selain mereka seperti orang shalih, syuhada' dan semacamnya, walau bisa dijadikan tawassulan secara lahiriah, akan tetapi tidak menjamin seratus persen kebenarannya secara hakiki. Akan tetapi hal itu sudah dimaafkan olehNya karena kita memang tidak tahu batin dan tidak tahu yang hakiki sebagaimana yang diketahui di Lauhu al-Mahfuuzh.

b-4-f- Tawassulan yang lebih dijamin kemustabahannya atau keterkabulannya adalah tawassul yang memiliki unsur-unsur di atas, yaitu mengenali, mengakui/mengimani, tawadhu', menyintai, belajar, mencontoh dan menghormati yang dijadikan obyek tawassulannya itu. Karena itulah Tuhan berfirman seperti di:

- QS: 43:86:

وَلَا يَمْلِكُ الَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ الشَّفَاعَةَ إِلَّا مَنْ شَهِدَ بِالْحَقِّ وَهُمْ يَعْلَمُونَ

“Dan tidaklah orang-orang yang meminta kepada selainNya itu memiliki syafaa’at kecuali orang yang menyaksikan (berjalan) dengan haq dan mereka mengetahuinya.”

Di ayat ini syarat mendapatkan syafaa'at adalah mengetahui jalan benar dan menjalaninya.

- QS: 4:64:

(وَلَو أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاؤُكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللهَ تَوَّاباً رَحيِماً)

“Dan kalau mereka berbuat zhalim terhadap diri mereka, datang kepadamu (Muhammad) lalu meminta ampun kepada Allah dan Rasulullah juga memintakan ampunan untuk mereka, maka mereka akan mendapatkan Allah itu Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.”

Di sini orang yang mau bertawassul dengan Nabi saww disuruh mendatangi beliau saww. Itu tandanya supaya dapat melihat beliau saww hingga tawadhu'. hormat, belajar dan mencontoh beliau saww.

- QS: 4:64:

(وَلَو أَنَّهُمْ إِذْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ جَاؤُكَ فَاسْتَغْفَرُوا اللهَ وَاسْتَغْفَرَ لَهُمُ الرَّسُولُ لَوَجَدُوا اللهَ تَوَّاباً رَحيِماً)

“Dan kalau mereka berbuat zhalim terhadap diri mereka, datang kepadamu (Muhammad) lalu meminta ampun kepada Allah dan Rasulullah juga memintakan ampunan untuk mereka, maka mereka akan mendapatkan Allah itu Maha Penerima Taubat dan Maha Penyayang.”

Di ayat ini diterangkan bahwa salah satu dari diterimanya tawassul adalah dengan istighfar, yakni mengakui kesalahan, sedih dan meminta ampunanNya.

- QS: 12:97-98:

(قَالُوا يَا أَبَانَا اسْتَغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا إِنَّا كُنَّا خَاطِئِينَ، قَالَ: سَوْفَ اسْتَغْفِرُ لَكُمْ رَبِّي إِنَّهُ هُوَ الغَفُورُ الرَّحِيمُ)

“Mereka (anak-anak nabi Ya’quub as yang menzhalimi nabi Yusuf as) berkata: ‘Wahai ayah kami, mintakanlah ampunan untuk kami atas dosa-dosa kami sesungguhnya kami adalah orang-orang yang salah.’ Berkata (Ya’quub as): ‘Aku akan memintakan ampunan untuk kalian dari Tuhanku sesungguhnya Dia Maha Pengampun dan Penyayang.’.”

Mengakui kesalahan dan istighfar di ayat ini jelas sekali dapat dilihat. Yakni sebagai syarat diterimanya tawassul dan syarat kelayakan mendapatkan syafaa'at.

- QS: 40:7:

(وَيَسْتَغْفِرُونَ لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْء رَحْمَةً وَعِلْمَاً فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوُا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذَابَ الْجَحِيمِ)

“Dan mereka (para malaikat) memintakan ampunan untuk orang-orang yang beriman (seraya bermohon): ‘Wahai Tuhan kami, Engkau telah meluaskan atas semuanya sebagai rahmat dan ilmu, maka ampunilah orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalanMu serta lindungilah mereka dari adzab jahannam.’.”

Di ayat ini dijelaskan bahwa salah satu diterimanya tawassul itu adalah dengan berjalan di jalan Allah. Yakni hidup dengan penuh iman serta mengamalkan fiqihNya dengan baik.
Lihat Terjemahan

Sinar Agama .

Ringkasan dan Jawaban Soal:

Dengan semua uraian di atas itu maka dapat dipahami bahwa tawassul dengan orang shalih itu bukan hanya tidak dilarang, melainkan diperintahkan oleh Allah, baik yang shalih itu para nabi as, para imam as, atau para shalih yang lain. Dan hadits yang antum nukilkan itu bisa dijadikan sebagai salah satu dalil dari sekian banyak dalil tawassul. Wassalam.

Adlimi Lamsuan Sangat paham dgn apa yg ustadz paparkan, seorang teman yg nyinyir bertanya, asal kata tawassul , saya dulu pernah bljar nahu syorof , tapi gak tuntas, asal kata dari tawassul itu adalah wasiilah , tapi saya tak tau urutannya , bisa gak ustadz uraikan sedikit asal muasal dari kata "tawassul,, ini? Sukron,

Sinar Agama Adlimi Lamsuan, kata asal dari wasiilah (وسيلة):

وسل - يسل - وسيلة

لسان العرب:
( وسل ) الوَسِيلةُ المَنْزِلة عند المَلِك والوَسِيلة الدَّرَجة والوَسِيلة القُرْبة ووَسَّل فلانٌ إِلى الله وسِيلةً إِذا عَمِل عملاً تقرَّب به إِليه والواسِل الراغِبُ إِلى الله قال لبيد أَرى الناسَ لا يَدْرونَ ما قَدْرُ أَمرِهم بَلى كلُّ ذي رَأْيٍ إِلى الله واسِلُ وتوَسَّل إِليه بوَسيلةٍ إِذ تقرَّب إِليه بعَمَل وتوَسَّل إِليه بكذا تقرَّب إِليه بحُرْمَةِ آصِرةٍ تُعْطفه عليه والوَسِيلةُ الوُصْلة والقُرْبى وجمعها الوسائل قال الله تعالى أُولئك الذين يَدْعون يَبْتَغون إِلى رَبِّهِمُ الوَسِيلَةَ أَيُّهُمْ أَقْرَبُ الجوهري الوَسِيلةُ ما يُتَقَرَّبُ به إِلى الغَيْر والجمع الوُسُلُ والوسائلُ @ والتَّوْسيلُ والتَّوسُّلُ واحد وفي حديث الأَذان اللهمَّ آتِ محمداً الوَسِيلَة هي في الأَصل ما يُتَوَصَّل به إِلى الشيء ويُتَقَرَّب به والمراد به في الحديث القُرْبُ من الله تعالى وقيل هي الشفاعةُ يوم القيامة وقيل هي منزلة من مَنازِل الجنة كما جاء في الحديث

المعجم الوسيط:
( وسل ) فلان إلى الله تعالى عمل عملا تقرب به وإليه
( توسل ) فلان إلى الله تعالى وسل وإلى فلان بكذا تقرب إليه بحرمة آصرة تعطفه عليه
( التوسل ) السرقة يقال أخذ فلان إبلي توسلا سرقة
( الواسل ) الواجب يقال شيء واسل واجب
( الواسلة ) مؤنث الواسل والمنزلة عند الملك والدرجة والقربة
( الوسيلة ) الواسلة والوصلة والقربى ودرجة النبي ( صلى الله عليه وسلم ) في الجنة ( ج ) وسائل ووسل

Inti dari semua itu adalah bahwa Wasiilatu itu dari asal kata Wasala - Yasilu yang berarti melakukan sesuatu untuk mendekatkan diri.

Kalau mendekatkan diri kepada Tuhan, maka wasiilah memiliki arti yang luas sekali. Sebab apa saja yang bisa mendekatkan diri kepada Tuhan, akan dicakupi makna dari kata wasiilah, seperti iman, taqwa, atau perbuatan apa saja yang disenangi Allah atau diperintahkanNya dan menjauhi apa saja yang dilarangNya.

Jadi bertawassul kepada Allah adalah melakukan apa saja yang dapat mendekatkan diri kepadaNya. Karena itu di dua kamus di atas itu wasiilah diartikan washlah atau taqarrub atau mendekatkan diri.

Nah, sekarang apakah tawassul kepada para nabi as, para imam as dan orang-orang shalih itu bisa dimasukkan ke dalam tawassul atau wasiilah?

Jawabannya jelas bisa sekali atau sangat bisa. Mengapa?

Sebab salah satu yang dijanjikan Tuhan untuk mendekatiNya adalah syafaat dari semua mereka itu sebagaimana sudah saya nukilkan ayat-ayatnya di atas (dijawaban sebelumnya). Karena kejelasannya dalam ayat dan kemutawatirannya dalam hadits, sampai-sampai gembong Wahabi, Muhammad bin Abdulwahhaab dan suhunya Ibnu Taimiyyah, tidak bisa mengingkari dan mengakui adanya syafaa'at ini.
Lihat Terjemahan





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.