Monday, August 8, 2016

on Leave a Comment

Tawassul itu perintah Allah dalam Al quran. Apakah TAWASSUL itu hukumnya WAJIB?

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/973126399467484


Ali Asytari ke Sinar Agama
3 Juli
Salam ustad....
Tanya:
apakah ayat yg memrinthkan tawassul itu WAJIB hukumnya.sehingga setiap doa2 kita at hajat2 kita harus bertawassul.....??
Trimaksih ustad
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Dalam QS: 5:35, berbunyi:

يَأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ وَابْتَغُوا إِلَيْهِ الْوَسِيلَةَ وَجَهِدُوا فِى سَبِيلِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman, taqwalah kalian kepada Allah dan carilah perantara kepadaNya, dan berjihadlah di jalanNya agar kalian menang/berjaya."

2- Dalam ayat di atas, jelas diwajibkan kita untuk mencari perantara mendekati Allah. Yakni diwajibkan kalau ingin mencapai kemenangan dan keberjayaan.

3- Tapi perantara atau al-wasiilah itu apa? Jawabanya adalah apa saja yang bisa mendekatkan diri kepada Allah. Karena wasilah atau perantara itu adalah "Sesuatu yang dengannya bisa dijadikan untuk mendekati yang lainnya." (bisa dilihat di Tafsir al-Amtsaal, Makaarim Syirazi).

4- Lalu apa yang bisa mendekatkan kepada Allah? Jawabannya adalah banyak sekali seperti iman, taqwa, beramal baik, menjauhi dosa dan maksiat, menolong orang, belajar agama, mengajar agama dan seterusnya.

5- Karena syafaat para nabi/rasul as, syafaat para shalih terlebih para imam makshum as itu, merupakan pendekat juga kepada Allah, karena syafaat itu adalah mendekatkan manusia yang jauh kepada Allah seperti dengan jalan pengampunan dan/atau pemintaan ampunan, maka orang-orang suci dan shalih juga merupakan wasilah dan perantara untuk dekat kepada Allah swt.

6- Dengan semua itu, maka penjelasan yang sebelum-sebelumnya bisa menjadi semakin jelas, yaitu bahwa bertawassul dengan orang suci itu, seperti Nabi saww dan Ahlulbait as itu, secara global, adalah sunnah hukumnya. Hal itu karena tawassul itu tidak hanya pada satu obyek dari apa saja dari obyek-obyek yang bisa mendekatkan manusia kepada Tuhannya.
SukaBalas14 Juli pukul 14:40

Zhaluman Jahulan Afwan, untuk jawaban poin 6 hukumnya tawassul itu Sunnah atau wajib ustad.. krn sy sering dapet bahwa doa2 itu tertolak atau tertahan klo gak dibarengi shalawat atau tawassul kpd Nabi saww & Ahlulbaitnya..
SukaBalas24 Juli pukul 14:50

Sinar Agama Zhalum Jahul, tidak seperti itu. Tidak wajib dan hanya sunnah. Tidak ada doa tertolak dalam pandangan Islam. Semua doa diterima karena itu sudah janji Tuhan daam Qur an. Tapi bentuk penerimaannya sesuai dengan yang maslahat untuk si pendoa.

Janji Tuhan yang saya maksud adalah QS: 40:60:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

"Dan Tuhan kalian berkata: 'Berdoalah kepadaKu, niscaya Aku akan mengabulkannya.'."

Sebalumnya sudah pernah diterangkan fungsi tawassul kepada Makshumin as, yaitu dalam melebihlancarkan terkabulnya doa sesuai dengan yang kita minta. Misalnya minta rejeki dikasih rejeki. Tapi kalau tidak dengan tawassul, minta rejeki dikasih ampunan dosa misalnya. Hal itu karena untuk mengikis dosanya tidak ada selain doanya tadi. Tapi kalau dengan tawassul atau shalawat, maka perbuatan-perbuatan itu dapat mengikis dosa terlebih dahulu lalu doanya dapat menembus isinya. Atau kalaulah dosanya banyak, maka shalawat dan tawassul itu menambah banyaknya dosa yang diampuniNya.
SukaBalas24 Juli pukul 18:10

Ali Asytari Berarti tawassul itu ada dua.
Wajib sbgmn ayat diatas...

Dan Sunnah dlm QS 4:46

Sinar Agama Ali Asytari, salah. Wajib itu bagi keseluruhannya, tapi bentuknya apa saja dan dengan apa saja, maka di sini yang bisa ada yang sunnah.
SukaBalas14 Juli pukul 20:36

Ali Asytari Bentuknya apa sj dn dng apa saja..
Apa makusnya ustad....?
Bisa di berikan contih agar mudah dipahami.....

Sinar Agama Ali Asytari, kan sudah dikasih contoh di jawaban di atas, seperti iman, taqwa, berbuat baik dan seterusnya.



0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.