Wednesday, August 3, 2016

on Leave a Comment

Apakah zakat fitrah termasuk sedekah wajib yg mesti diserahkan ke fakir AB?

Link : https://www.facebook.com/shadra.hasan/posts/1036926383023934


Salam
Apakah zakat fitrah termasuk sedekah wajib yg mesti diserahkan ke fakir AB? ada yg mengatakan ihtiyath wajib ke fakir AB.
Trims ust Sinar Agama
Suka
Komentari
Komentar

Muhammad Nur Arief salam, sekalian nambah pertanyaan ustadz, jika di daerah sekitar saya(satu kelurahan), saya belum menemukan fakir/miskin AB, bolehkah zakat tsb diserahkan pada saudara fakir/miskin sunni? dan bagaimanakah solusi terbaiknya secara fikih?

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

Benar mesti ke Syi'ah yang faqir/miskin. Fatwa atau ihtiyath wajib, maka hukumnya tetap mesti diserahkan pada Syi'ah yang faqir/miskin.


Fathimah Najmi Kirana afwan saya kurang setuju dgn pendapat tetep mesti diserahkan pd ab/syiah. menurut saya itu hanya ihtiyat bg fikih ab tp jika memang tidak menemukan akhwat/ikhwan ab yg fakir miskin tidak masalah memberi zakat diluar ab..

Fathimah Najmi Kirana rasulullah dan aimmah bersedekah tidak melihat dr golonganya tp memang yg pantas menerimanya..

Sinar Agama Muhammad Nur Arief, bisa disalurkan ke tempat lain yang ada Syi'ahnya, atau diserahkan ke marja' atau wakilnya yang sah.

Muhammad Nur Arief syukron ustadz, berarti dapat juga sy serahkan sama amil saat sy bayar khumus.

Sinar Agama Fathimah Najmi Kirana, dalam Syi'ah, jangankan fatwanya salah, biarkan benar sekalipun maka tetap dosa, kalau orang yang mengeluarkan fatwa bukan seorang mujtahid.

Sedekah itu ada yang wajib dan ada yang sunnah. Kalau sunnah maka tidak ada batasan pada orang Syi'ah, asal tidak dibuat maksiat.


Muhammad Nur Arief Allaahumma shalli 'alaa Muhammad wa aali Muhammad

Sinar Agama Muhammd Muhammad Nur Arief, iya bisa.
SukaBalas226 Juni pukul 4:08





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.