Thursday, July 21, 2016

on Leave a Comment

Apa itu SUARA HATI, dan apa itu FITRAH?

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts/955028151277309

Ali Asytari ke Sinar Agama
4 Juni
Salam ustad.
1.apa itu SUARA HATI, dan apa itu FITRAH.
apakah fitrah adalh ruh yg berdaya akal at berdaya hewani....?
2.dlm mencuci pakaian dr najis setlah dibersihkan/dihilangkan najisnya,bolehkah kita memutus air kran stelah slesai satu pakaian,lalu menghidupkan kembali krannya untuk pakaian2 yg lain,demi menghemat air.....?
Trimaksih sbelumnya ustad....
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- :

a- Suara Hati adalah apa saja yang terbayangkan oleh akal manusia dan niat-niatnya. Suara Hati ini tidak bisa dicegah dengan apapun. Dia muncul kapan saja tanpa perlu direncanakan. Sebenarnya tempat Suara Hati itu ada di perasaan, bukan di akal. Tapi karena akal kita secara umum sudah dikontrol oleh perasaannya, maka saya katakan bahwa suara hati termasuk yang ada dalam akal manusia.

Apapun itu, suara hati tidak mesti dibenarkan dan diikuti. Akal yang telah diberikan Tuhan kepada manusia, bertugas untuk mengeceknya apakah bisa dibenarkan dan diikuti atau tidak.

Ada lagi Suara Hati yang tidak dibayangkan dan hanya dirasakan seperti merasa adanya diri, merasa adanya Tuhan dan semacamnya.

b- Fitrah itu adalah apa saja yang sesuai dengan awal ciptaan Tuhan atau keadaan naturalnya, seperti semua alam materi yang ada, seperti jiwa-jiwa atau ruh-ruh yang ada.

Salah satu Fitrah adalah Suara Hati yang muncul dengan sendirinya. Hal ini mesti dikoreksi dengan akal sebagaimana sudah diterangkan di atas.

Suara Hati yang paling dalam dan masih asli tentang kemerasaan adanya Tuhan, sering dikatakan sebagai Fitrah. Maksudnya Fitrah Tauhid, bukan Fitrah Umum.

2- Sudah tentu boleh dan bahkan tidak boleh isyraf atau mubadzdzir dalam menggunakan air karena hal itu bisa menjadi haram.
SukaBalas15 Juni pukul 10:07

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.