Sunday, June 5, 2016

on Leave a Comment

Tentang Khumus, Apabila suami istri punya penghasilan berbeda apakah pembayaran khumusnya di gabung? Hadiah yang diberika suami kepada istrinya apakah juga harus di khumusi?


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=940754192704705&id=207119789401486


Salam ust. Semoga selalu di anugrahi kesehatan. Maaf mau bertanya
Mohon bisa dibantu dalam menghitung khumus dlm kasus seperti ini.
A.sy usaha cemilan dengan konsep titip barang ke warung warung. Biaya modal cemilan perbungkus 3500 dan dititipkan ke warung dengan harga 5000(keuntungan sy perbungkus 1500). di akhir tahun khumus ada uang dan barang yang di tangan senilai 1000000. Tapi ada barang dagangan yang dititipkan di warung warung sekitar 200 bungkus. Berapa humus yang harus saya bayar?
B.apabila ada suami dan istri punya usaha/pendapatan sendiri sendiri apakah membayar humusnya harus sendiri sendiri atau bisa digabung?
C. Apabisa istri punya uang yang dikasih suami sebagai hadiah(kata suami terserah istri mau di gunakan buat apa) apakah kalau di akhir tahun humus hadiah itu harus di humusi?
Trims.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

A- Khumus sekarang adalah 200.000. Yang 200 bungkus dihitung ke tahun khumus berikutnya. Yakni kalau dari keuntungannya itu ada sisa di akhir tahun khumusnya di tahun depannya, maka wajib dikeluarkan seperlimanya.

B- Tergantung pemakaiannya dan tanggal khumusnya masing-masing. Kalau pemakaiannya dan tanggal khumusnya bersama, maka bisa dihitung bersamaan. Kalau tidak, maka bisa sendiri-sendiri. Khumus itu juga bisa lebih cepat dari tanggal khumusnya, misalnya dikeluarkan dalam tiap bulannya. Tapi tidak boleh lambat dari tahun khumusnya.

C- Tergantung hadiahnya. Kalau maksudnya belanja misalnya untuk perhiasan dan semacamnya, maka kalau tersisa di akhir tahun khumusnya wajib dikhumusi. Tapi kalau benar-benar hadiah dan bukan karena lari dari khumus dan juga besarnya sesuai dengan derajat sosialnya, maka hadiah tersebut tidak mengandungi khumus.
SukaBalas111 Mei pukul 3:32

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.