Tuesday, June 7, 2016

on Leave a Comment

Imam Mushala yang sering ngaji dengan speaker sesuadha sholat magrib masarakat terganggu bagaimana hukumnya

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=942595305853927&id=207119789401486

Salam ustad.....
Di kampung sy ada seorang imam musolla yg sering ngaji sesudah solat magrib.tp,masyarakat disekitarnya ada yg tdk setuju dg alasan berisik.krn ngajinya pakai speaker.mrk bkn tdk setuju dg ngajinya,tp pd penggunaan speakenya.yg setuju mengatakan bahwa orang sy tdk suka menengar ngajinya pak ustad adalah setan.
Nah,bgaimana ustad....siapa yg salah.
Mohon penjelasannya.
trimaksih.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Tergantung keadaan. Kalau terlalu keras secara uruf, maka bisa dikatakan mengganggu yang haram. Kalau secara uruf dipandang mengganggu seperti pada waktu shbubuh dikala banyak orang tidur, atau waktu-waktu tidur lainnya, maka bisa dikatakan mengganggu yang haram. Kalau dianggap mengganggu secara umum dilihat dari apa saja yang memang masuk akal secara umum, maka bisa masuk ke dalam mengganggu yang haram.
SukaBalas114 Mei pukul 11:27

Bembong Asytari Klw mislx ada orang sakit di samping mesjid....yg ga bisa mendengar suara speker yg jarak suarax bisa mencapai 1km......?

Sinar Agama Apapun yang terhitung mengganggu orang yang tidak boleh diganggu, dengan ukuran umum orang berakal (uruf), maka bisa masuk dalam haram.

Bembong Asytari Ok ustadz.....spertinya sdh jelas.
Trimaksih ustadz

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.