Monday, May 2, 2016

on Leave a Comment

Mohon penjelasan mengusap kepala dalam berwudhu untuk orang yang memiliki rambut panjang?

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=913647358748722&id=207119789401486

Salam ustadz....
Mau tanya
Dalam berwudhu, tidak ada kewajiban untuk mengusap kepala hingga ke kulit kepala, melainkan hanya dengan mengusap permukaan depan kepala telah dianggap mencukupi, akan tetapi bila rambut dari bagian lain berkumpul di bagian depan kepala atau rambut bagian depan begitu panjang hingga tergerai di wajah atau di kedua pundak, maka mengusap pada bagian ini tidaklah mencukupi, melainkan diwajibkan untuk membuka belahan kepala atau mengusap akar rambut. (Ajwibah al-Istifta'at, no. 125 dan Istifta' dari Kantor Rahbar, Bab Thaharah, masalah 49)
1. Rambut yg tergerai diwajah itu seperti apa, apakah itu termasuk poni ?
2. Bagaimana jika rambut diikat kebelakang, apakah masih ada kewajiban untuk membuka belahan kepala atau mengusap akar rambut?
3. Tambahan penjelasan....
Trims..

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1 + 2 + 3- Intinya adalah bahwa yang diusap itu hanya kulit kepala bagian atas depan dan bisa juga rambutnya yang tumbuh di bagian atas depan itu dan tidak keluar dari daerah tersebut. Kalau rambutnya panjang hingga ada bagian rambut yang tumbuh di daerah itu keluar dari daerah itu, maka yang diusap bisa kulitnya dan bisa juga rambut yang ada di bagian pangkalnya yang tidak keluar dari daerah tersebut. Semoga sudah jelas. Kalau belum jelas, bisa ditanyakan lagi.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.