Monday, May 16, 2016

on Leave a Comment

Mohon penjelasan Hadist Rosulullah saww "Bulan Rajab adalah bulan Allah swt, Bulan syakban adalah bulanku dan Bulan Ramadhan adalah Bulan Umatku".

Link : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=991040280945878&set=a.291191527597427.65592.100001197453719&type=3


Salam.
Mohon keterangan riwayat berikut dalam pandangan AB, di mana wahabi mendhaifkaannya.
Trims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertayaannya:

1- Riwayat seperti itu tidak ada di Ahlulbait as. Tapi kalau teman-teman yang mengetahuinya, tolong dinukilkan di sini.

2- Yang ada kebalikannya seperti:

عن النبي (ص ) قال : شعبان شهري , وشهر رمضان شهر اللّه

Nabi saww bersabda:

"Bulan Sya'baan itu adalah bulanku dan bulan Ramadhaan itu adalah bulannya Tuhan, ...."

قال امير المؤمنين (ع ) : شهر رمضان شهر اللّه , وشعبان شهر رسول اللّه (ص )ورجب شهري

Imam Ali as berkata:

"Bulan Ramadhaan itu adalah bulannya Allah, bulan Sya'ban adalah bulannya Rasulullah saww dan bulan Rajab itu adalah bulanku."

3- Banyak juga hadits yang menerangkan bahwa Ramadhaan itu salah satu nama Allah swt. Misalnya (al-Kaafii, hadits ke: 6304):

6304 عدة من أصحابنا، عن أحمد بن محمد، عن أحمد بن محمد بن أبي نصر، عن هشام ابن سالم، عن سعد، عن أبي جعفر (ع) قال: كنا عنده ثمانية رجال فذكرنا رمضان فقال: لا تقولوا: هذا رمضان ولا ذهب رمضان(1) ولا جاء رمضان فإن رمضان اسم من أسماء الله عزوجل لا يجيئ ولا يذهب وإنما يجيئ ويذهب الزائل ولكن قولوا: شهر رمضان، فإن الشهر مضاف إلى الاسم والاسم اسم الله عز ذكره وهو الشهر الذي أنزل فيه القرآن جعله مثلا وعيدا(2).

"Kami berjumlah delapan orang berada bersama Abu Ja'far as. Lalu kami membicarakan Ramadhan. Beliau as berkata: 'Janganlah kalian katakan ini adalah Ramadhan, dan jangan pula berkata telah pergi Ramadhan, atau berkata pula telah datang Ramadhan. Karena sesungguhnya Ramadhaan itu adalah salah satu dari nama Allah Yang Maha Mulia dan Maha Agung yang tidak datang dan tidak pula pergi. Karena yang datang dan pergi itu hanyalah yang bisa lenyap. Akan tetapi katakanlah Bulan Ramadha, karena sesungguhnya bulan telah dihubungkan dengan nama dan nama di sini adalah nama Allah Yang Maha Mulia, dan bulan tersebut adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Qur an sebagai hujjah dan tempat kebahagiaan (bagi para mukminin dan wali-wali Tuhan)."
Lihat Terjemahan

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad..

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.