Tuesday, April 5, 2016

on Leave a Comment

Bagaimana perhitungan KHUMUS-nya? per bulan memiliki penghasilan 3 juta, biaya hidup normal 1 juta, membantu saudara dan tetangga yang kurang mampu masing-masingnya 500 ribu rupiah.


Link : https://www.facebook.com/sang.pecinta.90/posts/972028832847023

Salam.
Per bulan memiliki penghasilan 3 juta, biaya hidup normal 1 juta, membantu saudara dan tetangga yang kurang mampu masing-masingnya 500 ribu rupiah.
Bagaimana perhitungan khumusnya?
TRims ust Sinar Agama
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Kalau mau bayar tiap bulan, maka yang mesti membayarkan seperlima dari sisanya. Yaitu: 1,500,000 : 5 = 300,000;

2- Kalau mau bayar tiap tahun, maka semua uang yang sisa itu bisa dipakai kalau memang untuk kepentingan hidup yang darurat dan umum/normal serta sesuai dengan derajat sosialnya. Kalau ternyata di akhir tahun tidak ada sisanya, maka tidak wajib khumus. Tapi kalau ada maka wajib dikeluarkan seperlimanya.

3- Yang tersisa itu bisa berupa uang di rumah atau di bank, bisa juga berupa barang-barang konsumsi seperti nasi, beras, gula, rokok, bensin di motor, pulsa di HP atau meteran listrik, bedak, sabun, obat-obatan yang bukan darurat, parfum, sayur, tempe, tahu, garam, gas di tabung gas, dan semacamnya. Semuanya dijjumlah dan dikelurkan seperlimanya.

4- Pembayaran khumus di atas, adalah wajib sekalipun yang memilikinya memiliki hutang milyarand rupiah atau sekalipun mendekam dalam penjara karana hutang-hutangnya.

5- Tahun khumusnya dibuat tepat dengan awal menerima gaji atau mendapatkan keuntungan.


Bagir Alhussaini Sepertinya lebih enak menghitung bayar khumus tiap bulan

Ustad SA : Apakah dana khumus boleh kita berikan langsug kepada yg menerima khumus ?
Atau harus di serahkan kepada lembaga atau orang yg di tunjuk lembaga sebagai pengumpul khumus untuk diserahkan ke pusat ?


Sinar Agama Bagir, WAJIB diserahkan pada marja'nya dan/atau wakil/amilnya yang syah. Yang paling terjamin dari kewakilan/keamilan tersebut adalah tanda terima langsung dari marja'nya.

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad..

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.