Saturday, April 9, 2016

on Leave a Comment

ALLAH ITU MAHA TIDAK TERBATAS


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=905952316184893&id=207119789401486


salam ustad,
mungkin banyak dari saudara syiah yg lain yg lebih dahulu menanyakan hal ini,apa maksd dari perkataan
bahwa tuhan yg kita sembah belum tentu tuhan yg sebenarnya mhon ilmu ilmu dan penejelasannya jika kiranya ustad ridho
trimksih wsalam
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Seingatku saya sudah pernah menjelaskan hal ini walah tidak secara langsung. Intinya:

1- Tuhan itu Maha Tidak Terbatas.

2- Kalau Tuhan Tidak Terbatas sebagaimana Dia, maka sudah pasti tidak bisa diketahui siapapun. Sebab selainNya adalah wujud terbatas hingga karena itu tidak mungkin dapat mengetahuiNya secara sempurna.

3- Poin ke (3) ini tidak terlalu penting di bahasan kita sekarang. Oleh karena itu jangan terlalu dipikirkan supaya jawaban terhadap pertanyaan antum itu lebih mudah dipahami.

Hal ke (3) ini adalah: Kalau Tuhan Tidak Terbatas, maka tidak mungkin diketahui walau secuilpun/sedikitpun. Sebab Tidak Terbatas itu bukan sangat luas hingga bisa diketahui sedikitnya, melainkan tidak ada batasannya. Kalau tidak ada batasannya berarti tidak ada bagian-bagiannya seperti bagian kecil/culi/sedikit dan semacamnya. Kalau tidak ada bagian-bagiannya, maka tidak bisa diketahui sebagiannya dan tidak diketahui bagian lainnya. Jadi, Tuhan Yang Tidak Terbatas itu sama sekali tidak bisa diketahui.

4- Poin (4) ini akan meneruskan poin (2). Yaitu kalau Tuhan itu Maha Tidak Terbatas hingga tidak bisa diketahui secara sempurna, maka sudah pasti Tuhan yang ada di akal dan pahaman kita dan semua makhluk, berarti bukan Tuhan Yang Sebenarnya.

5- Kalau Tuhan yang kita ketahui itu bukan Tuhan Yang Sebenarnya, maka kalau kita sembah Dia, sudah pasti bukan yang sebenarnya.

6- Tapi penyembahan ini tetap WAJIB dilakukan karena memang hal itulah kemampuan yang ada pada makhluk dan Tuhan sama sekali tidak mewajibkan makhluk untuk mengetahuiNya secara sempurna karena hal itu jelas tidak mungkin dapat dilakukan oleh makhluk manapun dan Tuhan Yang Maha Bijsak tidak akan pernah memerintahkannya.

7- Bahkan Tuhan menolong semua makhkukNya untuk dapat mengerti semua ini. Karena itulah dalam perintah shalat pada manusia, diwajibkan setelah niat shalat karena Allah, untuk mengucapkan Takbir Ihram. Takbir adalah ucapan Allaahu Akbar dan artinya adalah Allah Lebih Besar, bukan Maha Besar. Maksudnya Lebih Besar adalah Lebih Besar Dari Yang Kita Ketahui.

8- Imam Ja'far as pernah berkata (nukilan makna):

"Apapun yang kalian pahami tentang Tuhan maka hal itu adalah patung buatan kalian sendiri."

Wassalam.

Andika Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad..
SukaBalasBaru saja




0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.