Sunday, March 6, 2016

on Leave a Comment

Pengertian sihir, dan hukum memakan sesuatu yang berbahaya

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=876801449099980&id=207119789401486

Salam ustd. Semoga selalu diberi kesehatan.
Sy mau bertanya. Didaerah saya ada kelompok yang belajar belaadiri. Dan kemarin waktu mereka melakukan sejenis "ritual" yang katanya untuk membentengi diri. Ritualnya adalah pertama mereka dirajah(meminum air yang didoa-in) dan setelah itu mereka disuruh makan gotri(berbentuk bulatan kecil yang berbahan dari sejenis besi).
1.Apa hukum agama mengenai kedua cara tersebut(minum air yang didoain dan makan gotri)?
2. Apakah memakan gotri itu haram?( Kalau pahaman saya gotri itu ketika dimakam,ketika BAB ikut keluar, jadi tidak menetap di perut dan mungkin tidak terlalu membahayak tubuh)
3. Setahu saya memakan hal yang berbahaya adalah haram, mau menanyakan ukuran berbahaya bagi mukolid bagaimana cara menentukannya? Misal asap rokok berbahaya bagi perokok tapi dia tidak haram.
Terimakasih
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Kalau sihir maka haram. Sihir adalah perbuatan yang dengan penulisan, bacaan, asap, gambar, tiupan, ikatan tali dan semacanya yang dapat mempengaruhi yang disihir, baik badannya, hatinya atau akalnya.

2- Saya kurang tahu hukumnya apa. Sudah dicari di berbagai kitab fiqih tentang makan besi, tapi belum ketemu.

3- Sesuatu yang haram itu tidak mesti berbahaya secara serius. Misalnya tanah. Jadi, yang haram karena bahayanya yang serius itu sendiri, sedang yang haram karena memang sudah disebutkan dari awal itu juga sendiri.

Raihana Ambar Arifin Salam ustd. Mau memperjelas. Masalah sihir.
A. Bagaimana dengan hiriz dan misalnya kita baca doa jauzan di air yang kemudian kita minum untuk mendapat barokah, apakah itu termasuk sihir (penulisan bacaan yang dapat mempengaruhi).
B. Apakah ketika kita berdoa misalnya supaya orang tertarik dengan dagangan kita/ supaya orang dibukakan pintu hatinya supaya menerima kebenaran yang gamblang termasuk sihir?
Trims

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin,

a- Tidak termasuk sihir.

b- Bukan sihir.

Raihana Ambar Arifin Salam ustd. Mohon bisa di jelaskan kenapa bukan sihir.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.