Thursday, March 10, 2016

on Leave a Comment

Mohon penjelasan hadis 'doa adalah senjata mukminin'.


Link : https://www.facebook.com/sang.pecinta.90/posts/952111164838790

Salam.
Mohon penjelasan hadis 'doa adalah senjata mukminin'.
Trims ust Sinar Agama
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya: Kurang lebih masudnya adalah:

1- Senjata dalam melakukan perlawanan batin. Sebab ketika manusia mengalami penderitaan, maka dengan doa, penderitaan batin ini dapat terkurangi atau bahkan bisa menjadi hilang.

Orang yang sakit badannya atau lapar perutnya atau dingin badannya yang tidak berbaju karena sedang sakit atau tidak memiliki makanan dan baju, batinnya juga akan menderita.

Doa yang merupakan dambaan dan harapan manusia terhdap Tuhan Yang Maha Kuasa, akan membuatnya terkurangi atau terhalangi dari siksa dan derita batinnya. Sebab dia menggantungkan harapan padaNya (tentu di samping usaha gigihnya), dia mengetahui kalau Tuhannya mengetahuinya, dia tahu kalau Tuhannya sedang mengujinya, dia tahu kalau Tuhan akan memberinya pahala kalau lulus ujian yang sedang dihadapinya itu, dan semacamnya.

Sinar Agama .

2- Senjata dalam melakukan perlawanan lahiriah. Misalnya doa dalam rangka mengusir pengaruh sihir dan jin.

3- Senjata dalam memberikan semangat hingga menjadi orang yang ulet dan gigih berusaha. Sebab salah satu hikmah doa adalah mengaplikasikan doanya. Kan tidak masuk akal kalau ada orang berdoa dijaukah dari racun tapi dia sendiri meminumnya.

Jadi, doa bisa dijadikan senjata dalam memicu semangat pelaksaan dan pengaplikasian dari doanya, seperti supaya sehat, lancar rejeki, menjadi alim, menjadi taqwa, masuk surga, dijauhkan dari neraka dan semacamnya.

4- Doa, sebagaimana sudah dijelaskan, bukan hanya bermakna membaca doa. Doa adalah paduan antara membaca doa, meniatkan doa dan mengaplikasikan doanya. Kalau hanya membaca, maka hal itu belum dikatakan doa, melainkan hanya membaca doa.

Nah, kalaj doa itu gabungan antara niat meminta kepada Allah, membaca dan mengapplikasikan, maka jelas doa yang sudah mencapai makna hakikatnya ini, akan menjadi senjata bagi mukminin untuk selamat di dunia dan di akhirat. Tapi kalau hanya membaca doa yang mana masih belum bisa dikatakan berdoa, maka kesenjataannya perlu kepada perangkat yang lain dan hanya bersifat pendukung seperti yang sudah dijelaskan di poin-poin sebelumnya di atas itu.

Khommar Rudin
اللَّهُمَّے صَلِّے عَلَى مُحَمَّدٍ وآلِے مُحَمَّدٍ
وعَجِّلْے فَرَجَهُمْے
Lihat Terjemahan

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.