Sunday, March 6, 2016

on Leave a Comment

Membersihkan kotoran ketika buang air besar dengan tisu cukupkah? dan apakah benar mencusikan air kencing hanya bisa suci dengan air?


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=873175579462567&id=207119789401486

Salam. Ustadz mau nanya.
1. Saya pernah buang air besar di toilet dan ketika mau cebok (membersihkan lubang anus), saya tidak menemukan air, yang ada hanya tissue kering. Kemudian saya membersihkan kotoran dilubang anus dengan tissue kering itu. Yakni dengan membersihkan kotoran di sisi tissue yang berbeda. Apakah cara cebok saya dengan tissue kering itu sudah mencukupi untuk membersihkan kotoran dilubang anus saya ?
2. Dikatakan dalam fatwa bahwa bersuci dari air kencing hanya bisa dengan air. Syahkah bersuci dari air kencing itu dengan tissue basah dengan memperhatikan kenajisan yakni dengan sisi tissue yang berbeda ?
Jazakallah Ustadz.
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Bisa mencukupi kalau kotorannya tidak membawa najis lain seperti darah, dan kalau tidak mencret atau kalau kotorannya tidak cerai berai (mencapai) ke selain lubang anusnya.

2- Menurut antum apa makna dari kata "HANYA" itu?

Orlando Banderas Ustadz, saya dapatkan bhw mensucikan kencing hanya dengan air dari istiftaat Rahbar :

Tempat keluarnya air kencing tidak akan suci kecuali dengan air.
(Ajwibah al-Istifta'at, no. 89)

Menurut Ustad, bagaimana ?

Hɪdayat Constantɪan Memang airlah yang syah untuk bersuci dalam perkara pensucian dari air kencing tsb, benarkah demikian ustadz?

Abdillah Alcaff Hmmm, ikut nyimak. Soalnya baru tahu tempat keluarnya air kencing tdk akan suci kecuali dg air smile emotikon dulu pernah gak pake air, tapi cuma pake dedaunan ketika naik gunung

Sinar Agama Orlando dan yang lain, kencing itu jelas dikatakan di fatwa bahwa tidak bisa suci kecuali dengan air.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.