Tuesday, March 8, 2016

on Leave a Comment

Apakah hukum merokok bagi pemula? Apakah di dalam hukum Islam mengenal anak tiri atau saudara tiri?


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=877129705733821&id=207119789401486

Salam
Semoga Ustadz selalu berada di dalam rahmat dan rida-Nya. Afwan Ustadz, mau bertanya yg no 1 itu sifatnya konfirmasi takut ana yg salah.
1. Apakah hukum merokok bagi pemula?
2. Apakah di dalam hukum Islam mengenal anak tiri atau saudara tiri? Kalau kita nikah dengan perempuan yg sudah punya anak, anak itu disebut anak tiri kita itu benar ngga? Tp, kalau saudara sebapak/seibu suka disebut saudara tiri apakah benar Ustadz? Yg saya pahami kalau pun itu ada, saudara tiri itu adalah anak dr bpk/ibu tiri kita yg dibawa ketika dia nikah dengan ibu/bpk kita. Bagaimana Ustadz?
Trims
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- HALAL.

2- Sudah mengenal. Masak kita mengenalnya lalu Islam tidak memberikan hukumnya? Apakah agama yang disempurnakan dan telah lengkap masih mengenal kekurangan hukum di dalamnya?

Anak istri janda yang kita nikahi itu dalam bahasa Indonesia disebut dengan anak tiri dan dalam bahasa Arab bisa disebut dengan Waladu al-Zaujah.

Dalam bahasa Indoensia dan tidak menyalahi Islam, saudara kandung dan tiri itu benar adanya. Dan Islam memberikan hukum-hukumnya.

Saudara tiri seperti yang antum katakan itu. Dan Islam memiliki hukum untuk itu. Misalnya Islam membolehkan kawin dengan saudara/i tiri. Tapi tidak membolehkan kawin dengan saudara/i seayah atau seibu sebagaimana tidak membolehkan kawin dengan saudara/i seayah-seibu.
Lihat Terjemahan

Andri Kusmayadi Halalnya mubah apa makruh Ustadz?

Sinar Agama Tentu saja kalau mengganggu orang lain dengan rokoknya sekalipun mubah, maka mengganggu itu adalah haram.

Seingatku saya dulu sudah pernah menerangkan bahwa kalau istri merokok, maka termasuk bagian nafakah wajib bagi suaminya.

Andri Kusmayadi Oh gitu ya ustadz..
baru tahu....selama ini pemahaman ana salah, makruh...ana masih mending ikhwan yg lain ada yg mengharamkannya bwt pemula. Syukron ahsantum...

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.