Sunday, March 6, 2016

on Leave a Comment

Apakah ada fatwa rahbar mengenai batas minimum dahi menyentuh t4 sujud ketika sujud? dan Sahkah Kalau sujud mengunakan tasbih karbala yang bulat kecil kecil tapi banyak ketika menyentuh dahi?


Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=876659679114157&id=207119789401486

Salam ustd. Mau bertanya
1. Apakah ada fatwa rahbar mengenai batas minimum dahi menyentuh t4 sujud ketika sujud?
2. Sah kah Kalau sujud mengunakan tasbih karbala yang bulat kecil kecil tapi banyak ketika menyentuh dahi?
Trims
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Biasanya minimalnya seluas ujung jari. Yakni kurang lebih seluas kuku jempol. Tapi tidak harus bulat atau persegi. Yang penting seluruh jumlahnya seluas itu. Saya belum menjumpai di kitab Rahbar hf sebab mungkin waktu sebelum kitab itu dicetak, belum ada yang menanyakan kepada beliau hf (buku fiqih beliau hf merupakan kumpulan tanya jawab fiqih kepada beliau hf). Tapi karena yang taqlid kepada beliau hf selama belum tahu fiqih beliau hf diperintahkan oleh beliau hf sendiri untuk merujuk ke fatwa Imam Khumaini ra, maka jawaban di atas boleh dijadikan rujukan.

2- Karena di kitab fiqih beliau hf tidak ada rincian hal tersebut, maka bisa memakai fatwa Imam Khumaini ra. Karena itu jawabannya adalah boleh.

Kalau ada perbedaan fatwa, biasanya ditulis dalam kitab Tafaawuti Fataawaa (bahasa Parsi). Tapi karena tidak ada juga di sana yang menerangkan bahwa fatwa Imam Khumaini ra berbeda dengan fatwa Rahbar hf, maka boleh memakai fatwa Imam Khumaini ra di atas itu.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.