Thursday, March 3, 2016

on Leave a Comment

Apa perbedaan filsafat dan falsafah, siapa filosof yg membagi alam menjadi 3 alam. sperti Alama materi, barzakhi dan alam akal

Link : https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=870999379680187&id=207119789401486

Salam ustadz....
1.apa perbedaan filsafat dan falsafah...?
2.siapa filosof yg membagi alam menjadi 3 alam.sperti...materi...barzakhi dan alam akal...?
Mohon pencerahanx.
Trimaksih....
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasi pertanyaannya:

1- :

a- Filsafat adalah ilmu yang membahas tentang wujud dari sisi wujudnya, bukan dari sisi partikel-partikelnya. Seperti mambahas apa itu makna wujud, ada berapa macam wujud itu, apakah diantara wujud yang satu dan yang lainnya berhubungan, apakah ada mula dan akhirnya bagi wujud, dari mana wujud itu, dan seterusnya.

b- Falasah adalah ilmu yang mempelajari pendapat-pendapat para filosof. Mungkin lebih tepat kalau dikatakan sejarah filsafat. Misalnya apa pandangan Ibnu Sina ra tentang wujud, apa pendapat Mulla Shadra ra tentang esensi, dan seterusnya.

2- Mungkin para nabi dan rasul as terdahulu sebelum nabi Isa as. Karena para filosof sebelum nabi Isa as itu, kalau bukan nabi maka pasti murid para nabi. Sebab tidak mungkin tanpa bimbingan wahyu di kala itu, manusia sudah mencapai ilmu yang teramat tinggi hingga bisa menguak alam non materi. Ayatullah Jawadi as mengatakan tentang para filosof-filosof yang bertauhid kala itu bahwa mereka kalau bukan nabi maka pasti murid nabi.

Jadi, sulit ditentukan siapa pencetus pertama kali yang menerangkan tentang ketiga alam itu secara hakikinya. Kalau sekedar dari tulisan-tulisan yang ada maka di buku-buku Plato sudah ada.

Seingatku saya sudah pernah menjelaskan bahwa sejarah filsafat di Yunan itu berasal dari Iran pada masa nabi-nabi Zuroster. Karena filosof tertuanya, belajar kepada nabi terakhirnya Zuroster. Tentu saja sebelum agama Majusi ini diselewengkan oleh para pengikutnya setelah itu.

Bembong Asytari Tanya lagi ustad....
Jadi,bagaimana pengertianx klw misalnya FILSAFAT SEJARAH.....?

Sinar Agama Bembong, kalau filsafat sejarah itu lain lagi. Filsafat sejarah yang membahas secara dari sisi filsafatnya. Seperti apa esensi sejarah itu, apa hubungan sejarah dengan sejarah sebelum dan setelahnya, apa tujuan sejarah itu sendiri, dari mana dan hendak kemana sejarah itu, dan seterusnya.

Kalau membahas sejarah umat tertentu, maka juga seperti itu. Misalnya, apa esensi sejarah Indonesia, apa esensi sejarah Majapahit, apa hubungannya dangan budaya, apa hubungannya dengan sebelum dan setelah sejarah itu, bergerak ke mana dan seterusnya.

Bembong Asytari Trims banget ustad atas penjelasanx.
Smoga ustad slalu dan selalu mendapat petunjuk dan kesehatan supaya bisa terus menjawab pertanyaan2 kami.
Sungguh ini adah jwaban mahal yg gratis.

0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.