Monday, September 19, 2016

on Leave a Comment

Beda antara ilmu Hissi (panca Indra) dan Wahmi (Non Materi tetapi masih berhubungan dengan materi)

Link : https://www.facebook.com/sinaragama/posts_to_page/

Salam ust, izin bertanya
Ilmu berdasarkan asal muasalnya terbagi kepada ilmu pancaindera, khayal, wahmi dan aqli. Dikatakan bahwa ilmu wahmi tidak memiliki ukuran dan sifat material, berbeda dengan pancaindera yang kebalikannya.
Pertanyaannya:
1. Pahit, manis, asam, yang dirasakan oleh indera pengecap itu ukurannya apa?
2. Bukankah ilmu wahmi seperti sedih, senang, benci, malu, kecewa, dsb itu pun memiliki ukuran, yakni satu dengan yang lainnya dapat dibedakan artinya memiliki ukurannya masing-masing. Selain itu sedih pun secara kualitatif berbeda-beda, kehilangan seorang kekasih tentu lebih sedih ketimbang kehilangan binatang peliharaan misalnya.
Mohon penjelasannya.
Afwan dan terima kasih.
Wassalam.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Sinar Agama Salam dan terimakasih pertanyaannya:

1- Ukurannya materi rasa dan materi obyek rasa itu sendiri. Ukuran di sini tidak mesti cm, m, derajat dan semacamnya. Cukup bahwa sumber dari rasa itu adalah materi, maka sudah pasti bisa dibandingkan satu sama lain dan diambil kesimpulan ukurannya. Misalnya lebih kecutnya sekian derajat dan semacamnya.

2- Cinta, malu, kecewa dan seterusnya itu bukan materi dan hanya berhubungan dengan materi saja.

Pelengkap:
Beda antara ilmu Hissi dan Wahmi itu, kalau Hissi (panca indra) benar-benar berkenaan dan bersentuhan dengan materi. Tapi kalau Wahmi hanya berhubungan saja dengan materi walau hal itu bukan satu-satunya, sebab masih banyak yang tidak bersentuhan dengan materi sama sekali seperti rindu Tuhan dan semacamnya.

Kasarnya, apa saja yang tidak masuk melalui panca indra dan juga bukan ilmu Hudhuri, begitu pula tidak direnungi dan/atau tidak dikhayalkan dalam akal, maka bisa masuk ke dalam Wahmi.

Daris Asgar Allohumma Sholli 'Alaa Muhammad Wa Aali Muhammad Wa 'Ajjil Farojahum





0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.