Saturday, September 10, 2016

on Leave a Comment

Ada pertanyaan titipan dari ikhwan tentang ta'bir mimpi, puterinya bermimpi (maaf) memakan kotoran sendiri, sedah beberapa kali itu terjadi. apa gerangan ta'bir dari mimpi tsb ?

Link : https://web.facebook.com/sinaragama/posts/1000700516710072


Salam wa rahmah, Mohon maaf sebelumnya sekiranya mengganggu wkt luang tuan, semoga Rahmat Alloh selalu menaungi kita semua. Ada pertanyaan titipan dari ikhwan tentang ta'bir mimpi, puterinya bermimpi (maaf) memakan kotoran sendiri, sedah beberapa kali itu terjadi. apa gerangan ta'bir dari mimpi tsb ? terima kasih, Wassalam.
SukaTunjukkan lebih banyak tanggapan
Komentari
Komentar

Bale Cetak Sagala dan klo ta'bir mimpi tsb termasuk hal yang negatif, bagimana antisipasinya ? terima kasih

Raihana Ambar Arifin salam sekalian numpang. mohon juga bisa dirabakan tafsur mimpi, sy nemimpikan cibcin virus milik suami pecah, dan 1 hari kemudian suami sy juga memimpikan cincin firus miliknya juga pecah. trims

Sinar Agama Salam dan terimakasih curhatan dan sharingnya:

1- Saya berulang kali mengatakan bahwa saya bukan ahli takbir mimpi. Dan kalau saya meraba mimpi hanya dengan menggunakan akal, perkiraan obyek dan kondisi serta lingkungannya, kebiasaan bangsa Indonesia dan budayanya, ilmu yang tidak ada sepersejutanya tetes air ini, mengharap ridha Allah dan setidaknya ingin memancing inayahNya dengan berbaik sangka padaNya dalam melihat mimpi, sebagai harapan dan doa, sebagai peringatan bagi kita bersama, sebagai pengambilan kehati-hatian dalam hidup, dan mengambil yang terbaik dari yang termungkin dan seterusnya.

2- Saya malu kepada Allah, Nabi saww dan para Imam Makshum as serta para 'aarifiin ra ketika mengolah mimpi. Terasa hati ini hancur berkeping-keping karena malu. Tapi karena motifasi saya seperti di poin (a) di atas, maka saya dengan penuh permohonan maaf kepada mereka semua dan kepada antum semua, saya mencoba melakukan perabaan.

3- Semoga mereka semua dan antum semua, benar-benar sudi memaafkan saya, sebab kalau tidak maka akan bertambahlah kehinaan saya ini.

4- Kalau boleh saya meraba mimpi tersebut, maka:

a- Ini yang sangat dekat artinya, yaitu: Bahwa makanan di rumah yang dia tinggali, baik yang dimakan dirinya atau siapapun saja dari yang serumah, baik orang lain atau orang tua atau keluarganya, tidak suci secara fiqih.

Teringat satu orang yang mendapatkan inayah Kasyaf dari Tuhan dapat melihat batin benda-benda. Ketika ia mendapatkan ilmu itu, diapun tidak bisa makan makanan di rumahnya karena terlihat ada kencingnya, darahnya, kotorannya dan semacamnya.

Jadi, sangat mungkin memang semua anggota keluarganya belum tahu dengan fiqih Islam tentang kesucian diri, pakaian dan makanan. Ingat, makanan yang najis tidak beda hukum haramnya dari babi dan anjing. Tidak beda.

b- Mungkin ada ilmu dan perbuatan yang salah. Kalau ada, mungkin kesalahan itu diulang ulang adanya. Karena itu, kalau ada, maka hentikanlah dan lakukan taubat.

c- Cari tahu dari mana rejeki yang dijadikan makanan sehari-harinya. Barangkali ada rejeki yang tidak halal di dalamnya. Kalau ada maka hentikan dan taubat.

d- Cari tahu ilmu agamanya dari mana. Kalau dari guru dan sumber yang tidak tepat, maka rubahlah dengan mencari ilmu dari guru yang profesional yang memang terdidik di tempat belajar agama dengan lama dan penuh ketaqwaan. Sebab makanan itu ada dua, badani dan ruhi/jiwai. Yang ruhi atau jiwa-i ini adalah ilmu. Begitu kata Imam pertama kita Imam Ali as.

Anjuran selain masalah taubat dan pensucian di atas, perbanyak shalawat, istighfar dan lakukan sedekah untuk menolak segala maksud buruk dari mimpi itu. Semua ini dianjurkan agama yang datangnya dari Qur an dan Makshumin as.

Semoga dia dan kita semua, terjaga dari hakikat kurang baik di atas, amin.

Sinar Agama Raihana Ambar Arifin,:

1- Mukaddimahnya sama dengan di jawaban di atas.

2- Kalau boleh merabanya maka mungkin maknanya adalah:

a- Akan mengalami keretakan cinta antar kalian berdua. Ini buruknya. Tapi seperti yang dikatakan tadi, sama sekali tidak ada ilmu terhadapnya dan hanya raba-raba dalam gelap. Nah, untuk hati-hatinya perbanyak shalawat dan istighfar serta lakukan sedekah yang semuanya diniatkan untuk menolak apapun makna buruk dari mimpi itu.

b- Akan mengalami keretakan cinta pada dunia. Wah kalau ini terjadi, maka inayah yang luar biasa. Sebab kadang-kadang Tuhan menyambar hambaNya yang dikehendakiNya untuk meninggikan derajat cintanya kepadaNya, hingga cinta pada selainNya akan jauh berkurang. Kalau ini terjadi, maka jangan duduk terpaku tidak bekerja, tapi bekerjalah lebih keras dan rubah niatnya saja yaitu bekerja karena Allah suka pada pekerja dan tidak suka pada pemalas dan demi kewajiban keluarga yang Dia sendiri mewajibkannya. Doakan saya kala cinta itu meledak. Kadang dada akan terasa ingin meledak. Hati-hati tangisan dan usahakan untuk tidak melampaukan batas karena memang bisa mati seketika.

c- Mungkin juga bisa mengisyaratkan retaknya hati pada cinta dan iman pada Tuhan (iman yang di tingkatan tingginya, bukan sekedar iman kepada Tuhan Esa, tapi pada makna Esanya). Sebab mata cintin juga disimbolkan sebagai hati manusia. Mata cincin adalah tempat lending dan take of nya iman, cinta dan taqwa. Karena itulah Ibnu 'Arabi mengarang kitab yang bernama "Mata-mata Cincin Yang Kokoh/hikmah".

Jadi, mata cincin itu sebagai hati yang merupakan cermin ketauhidan dan kecintaan kepada Allah. Kalau tidak utuh dan tidak bening, maka berarti ilmu tauhidnya belum sempurna. Hingga karenanya tidak bisa dijadikan tempat mendarat (lending) dengan baik karena itu tatapannya pada Tuhan akan banyak kabutnya atau salahnya.

Begitu pula, kalau mata cincinnya itu tidak utuh, maka sulit dijadikan pijakan take of atau naik dengan benar. Lebih jelasnya tidak bisa sempurna untuk dijadikan landasan naik lantara ilmu dan cintanya tidak bening dan tidak utuh. Karena itu amal taqwa yang dilandaskan padanya tidak bisa melesatkan si hamba pada tempat dan derajat yang semestinya.

Semoga kita semua selalu dibantuNya untuk selalu menjaga hati ini tetap utuh dan jernih (kalau memang sudah jernih dan utuh), atau membantu kita mengutuhkan dan menjernihkannya dengan pancingan usaha gigih kita belajar dan beramal dengan seikhlash ikhlashnya, amin. Wassalam.

Raihana Ambar Arifin terimakasih rabaannya ustd. Allahumma sholli ala Muhammad wa Aali Muhammad.







0 comments:

Post a Comment

Andika Karbala. Powered by Blogger.